PENGANTAR BISNIS# 7


G. MASALAH NILAI WAKTU UANG 


Nilai waktu uang, atau time value of money adalah konsep yang berdasarkan premis bahwa, dalam jumlah yang sama. Nilai uang hari ini lebih berharga dari pada nilai uang esok hari. Konsep ini ada karena kapabilitas uang untuk menghasilkan bunga. Makin dini dan makin lama anda membiarkan uang "bekerja", makin besar juga bunga yang akan anda peroleh. Artinya, uang yang dimiliki seseorang pada hari ini tidak akan sama nilainya dengan satu tahun/masa yang akan datang, dan nilai yang diterima sekarang akan lebih besar manfaatnya dari pada uang yang akan diterima dimasa yang akan datang.



 1.        Nilai yang Akan Datang (Future Value)

Adalah penjumlahan dari uang pada permulaan periode atau jumlah modal pokok dengan jumlah bunga yang diperoleh selama periode tersebut.

Rumusnya :  FVn = PV(1 + i )n

Di mana    :
FVn =  Nilai masa depan investasi n tahun
PV   =  Jumlah investasi awal
n      =  Jumlah tahun
i       =  Tingkat suku bunga

Contoh soal:
Ruly menyimpan uang sebesar Rp. 1.000 di bank DKI
dengan tingkat suku bunga 6 % pertahun. Berapakah uang Ruly pada tahun pertama?
Jawaban:
Uang Ruly pada tahun pertama
FV1 = PV(1 + i )
= 1.000 ( 1 + 0,06 )
= 1.000 ( 1.06 )
= 1.060



2.        Nilai Sekarang (Present Value)

Nilai sekarang dari jumlah yang diperoleh di masa mendatang atau sering pula disebut dengan present value adalah nilai sejumlah uang yang saat ini dapat dibungakan untuk memperoleh jumlah yang lebih besar di masa mendatang.

Perusahaan bisnis meminjamkan dan menginvestasikan sejumlah besar uangnya kepada PT.PERTAMINA . Dari kedua istilah ini kita dapat menyimpulkan jenis transaksi tersebut melibatkan penggunaan perhitungan nilai sekarang  ( present value computations ). Perhitungan nilai sekarang juga didasarkan pada konsep dari nilai waktu uang.

Sebagai contoh cara pemikiran tentang perhitungan nilai sekarang adalah sebagai berikut. Apakah anda memilih untuk diberikan $1.000 hari ini atau diberikan $1.000 setahun dari sekarang? Jika anda mendapatkan $ 1.000 hari ini dan menginvestasikan untuk memperoleh 10% per tahun, jumlah $1.000 itu akan terakumulasi menjadi $1.100 ($1.000 ditambah dengan bunga sebesar $100) satu tahun dari hari ini. Oleh karena itu, nilai sekarang berdasarkan pada 3 variabel:

1)      Jumlah uang yang diterima ( jumlah masa depan ),
2)     Lamanya waktu hingga jumlah diterima ( jumlah periode ),
3)     Dan tingkat suku bunga ( tingkat diskonto ).

Proses menentukan nilai sekarang ( present value ) inilah yang biasanya bisa juga disebut  dengan mendiskontokan jumlah masa depan ( discounting the future amount ). Dari pemikiran diatas jugalah kita dapat mendapatkan rumus untuk perhitungan nilai sekarang ( Present Value ).

Rumusnya : PV = FVn [ 1 / ( 1 + i ) n ]

Dimana     :
PV = Nilai sekarang jumlah uang dimasa depan
FVn = Nilai masa depan investasi di akhir th ke n
n = Jumlah tahun hingga pembayaran diterima
i = Tingkat diskonto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKUNTANSI KOMPARATIF

Standar Audit dan Akuntansi Global

ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI