PERUSAHAAN YANG MEMPENGARUHI PEREKONOMIAN INDONESIA


PT. Unilever Indonesia Tbk


SEKTOR industri memang memegang peranan sangat penting bagi perekonomian nasional, terutama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Sektor ini mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat dan dalam perolehan devisa negara melalui kegiatan ekspor berbagai produk hasil industri.Dari sekian banyak cabang industri, sejumlah industri memiliki karakteristik khas yaitu strategis bagi bangsa dan negara Indonesia. Pengertian strategis dalam hal ini sangat dinamis sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang terjadi, baik di dalam wilayah domestik, regional maupun internasional.Dalam menghadapi persaingan yang makin ketat di kancah ekonomi dunia dewasa ini, bangsa Indonesia perlu menetapkan kelompok industri yang termasuk ke dalam industri strategis secara ekonomi ini. Hal itu dimaksudkan agar terjadi satu kesatuan persepsi, visi dan misi dalam upaya mengembangkan sektor industri di Tanah Air.

PT. Unilever Indonesia ini merupakan salah satu perusahaan industri yang besar dan dikagumi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari riset pandangan dunia bisnis bahwa perusahaan ini menempati peringkat ke3 sebagai perusahaan yang paling di kagumi di Indonesia. Unilever bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh, minuman sari buah, produk-produk kosmetik, dan produk rumah tangga. PT. Unilever Indonesia didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever. Pada 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Lever Brothers Indonesia dan pada 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Unilever Indonesia mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada tahun 1981.dan mempunyai lebih dari 1000 supplier.

Unilever memiliki beberapa perusahaan lain di Indonesia:
  • PT Anugrah Lever - didirikan pada tahun 2000 dan bergerak di bidang pembuatan, pengembangan, pemasaran dan penjualan kecap, saus cabe dan saus-saus lain dengan merk dagang Bango, Parkiet dan Sakura dan merek-merek lain
  • PT Technopia Lever - didirikan pada tahun 2002 dan bergerak di bidang distribusi, ekspor dan impor barang-barang dengan menggunakan merk dagang Domestos Nomos
  • PT Knorr Indonesia - diakuisisi pada 21 Januari 2004

Kita tidak dapat memungkiri bahwa perekonomian di Indonesia banyak berpengaruh dari berkembangnya PT. Unilever Indonesia . Walaupun kepemilikan perusahaan tersebut bukan milik Pemerintah Indonesia melainkan hasil dari penanaman modal asing tetapi perannya sangatlah sentral bagi perkembangang Ekonomi di Indonesia. Dan perusahaan ini juga mempekerjakan lebih dari 206.000orang pekerja. Bahkan penghasilan yang diperoleh perusahaan ini pun mencapai lebih dari 6,498 Triliun pertahunnya. Dan yang paling penting adalan perkembangan kenaikkan saham selalu konsisten sejak 12tahun terakhir.


Sumber :          http://www.unilever.co.id


Komentar

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta, saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang, tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. RAHMAT SANJAYA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan mengunjungi website www. pesugihanputih.jw.lt
    semua petunjuk K.H. RAHMAT SANJAYA saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya, akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. RAHMAT SANJAYA saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan hub K.H. RAHMAT SANJAYA di no 0853-1572-4488 kunjungi web resmi di http://pesugihanputih.jw.lt



























































    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKUNTANSI KOMPARATIF

Standar Audit dan Akuntansi Global

ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI